Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan anak anak kita untuk berani dalam segala hal,tentunya hal yang baik yaa....
Dan untuk urusan bobo nya pun kita menginginkan si kecil untuk berani tidur di kamar nya sendiri, sebagai bentuk kemandirian nya.Menurut keterangan yang aku tahu, seorang anak apabila sudah memasuki usia sekolah SD harus tidur terpisah dengan orang tua nya.
Tapi, tidak sedikit anak anak yang enggan untuk tidur sendiri di kamarnya,ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu. Dan disini aku mau mencoba berbagi pengalaman ku tentang menumbuhan keinginan dan keberanian si kecil untuk mau tidur sendiri di kamarnya.
Safiar my angel lagi nyenyak bobo

Jauhkan Si Kecil Dari Hal hal Horor
Kebanyakan penyebab anak sulit untuk tidur sendiri adalah karena pengharuh hal hal yang berbau horor, entah itu hanya sebuah cerita dan bahkan yang paling parah dan berpengaruh adalah efek tontonan si anak. Tak sedikit kan mom, tayangan tayangan televisi kita yang menyajikan tontonan yang berbau horor. Hal tersebut akan membuat si kecil berimajinasi yang negatif, dan menghilangkan keberanian si kecil intuk tidur sendiri dikamarnya.

Ceritakan Pengalaman Waktu Kecil
Dengan menceritakan pengalaman waktu kita kecil dulu,saat pertama kali berani tidur sendiri, si kecil akan tertantang bahwa dia juga bisa berani seperti mama nya. Sedikit di dramatisasi ceritanya mom,biar si kecil lebih tertarik dan tertantang lagi.

Ciptakan Suasana Kamar Yang Ceria
Si kecil pasti bersemangat kalau kamar nya dihiasi dengan berbagai hiasan. Dimulai dengan wall paper yang lucu,sesuaikan gambar nya dengan karakter anak kita,gorden yang cantik atau unik dan dekorasi dekorasi interior lainnya yang pasti mommy yang lebih tahu suasana kamar seperti apa yang si kecil sukai. Jangan lupa dengan cat dinding nya,harus dengan warna yang terang dan cerah.

Yakinkan Si Kecil
Keyakinan adalah hal yang paling utama dan mendasar yang harus diberikan orang tua terhadap putra putrinya. Yakinkan si kecil bahwasanya dia ada yang melindungi,yaitu Tuhan Yang Maha Esa,bahkan disaat tidur sekalipun. Misalnya untuk yang beragama muslim, " jangan takut nak,kamu akan selalu di jaga oleh Alloh yang Maha Kuat", atau "Alloh sangat menyukai dan menyayangi anak yang pemberani" dan lain sebagainya. Yaa,semacam motivasi buat anak.

Well,itu adalah sebagian pengalaman kecil aku dalam menumbuhkan keberanian si kecil untuk tidur sendiri di kamarnya. Dan Alhamdulillah,putriku itu sudah berani tidur sendiri semenjak dia usia TK. Semoga tulisanku ini bermanfaat.

2 komentar:

Rita Dewi mengatakan...

wah salut sama putrinya sdh berani tidur sendiri. anakku cowok sudah 8 tahun, boro2 tdr sendiri, ke kamar mandi di malam hari aja minta ditemenin. padahal tak habis2 kumotivasi dia, kuceritain juga kalo dulu mamanya sdh tdr sendiri sejak kls satu SD :) tp ya itu, bener juga dia suka nonton tayangan horror jadi dampaknya seperti itu :(

Unknown mengatakan...

yaa alhamdulillah mbak... cobain terus aja agar si jagoan nya mau tidur sendiri.... :) semangat!!
makasih ya dah follow...:)

Posting Komentar